Klungkung

Incumben Berguguran di Klungkung

KLUNGKUNG, Breaking-news.co.id | Banyak calon legislatif ( caleg) incumben menuju kursi ,DPRD Klungkung pada pemilu 2024 harus gigit jari karena gagal meraih kekuasaan.

Bahkan lebih kecewa lagi bagi Incumben yang hanya meraup 23 suara di daerah pemilihan ( dapil) Klungkung 1 (kota Klungkung ) dari Partai Perindo yakni I Nyoman Mujana. Oknum caleg tersebut sebelumnya terlilit kasus dugaan menggunakan ijasah palsu pada pemilu 2019. Apakah karena kasus dugaan pemalsuan itu menjadi faktor dominan keengganan masyarakat untuk memilih dia. Caleg ini harus kecewa berat dengan raihan suara yang terhitung masih puluhan itu. Di Perindo dapil 1 Klungkung, kursi diraih I Putu Tika Winawan, dari hasil penghitungan sementara. Tika Winawan mujur karena dongkrakan suara dari calon di bawahnya yang signifikan, yakni I Ketut Margiana ( penyanyi lagu Bali asal Desa Akah).Tika Winawan hanya peroleh 1.841 suara, sedangkan I Ketut Margiana peroleh 1.577 suara. Total suara di partai yang dipayungi Hari Tanoe Sudibyo di Klungkung ini 3.707 suara. Untuk hasil penghitungan sementara meraih 1 kursi, didapat oleh Tika Winawan sebagai peraih suara terbesar di parpol ini.

Banyak incumben tumbang di Klungkung. Di dapil 4( Banjarangkan) saja ada 3 incumben keok mereka adalah Gede Artison Andarawata ( Demokrat), Ida Ayu Made Gayatri ( Nasdem), dan Sang Nyoman Putrayasa ( PDIP).

Incumben lain yang tumbang, I Nengah Ariyanta dari PDIP di dapil 2 ( Dawan). Namun perolehan suaranya masih di atas seribu. Sedikitnya ada 8 incumben tumbang. Enam orang incumben rebut kursi di kabupaten, dua sisanya rebut kursi DPRD Bali.

Perlu diketahui jumlah kursi DPRD Klungkung 9 kursi. Kuota dapil 1 Klungkung 9 kursi, dapil 2 ( Dawan) 6 kursi, dapil 3, Nusa Penida 9 dan dapil 4 ( Banjarangkan) 6 kursi.

Adapun hasil penghitungan sementara diraih oleh partai politik dan calon di bawah ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button