Sumatera Utara

Untuk Menanggulangi Banjir, PTAR Dan BPBD bentuk Destana Muara Hutaraja

Tapsel, (JarrakPos)- Untuk Menanggulangi bencana alam banjir yang pada umumnya terjadi sekali dalam setahun di desa Muara Hutaraja Kec.Muara Batangtoru, PTAR bersama BPBD (Badan Penanggulangan Benca Daerah) kabupaten Tapanuli Selatan membentuk Destana.

Destana singkatan dari Desa Tangguh Bencana dibentuk dari sekelompok orang terlatih dalam menghadapi bencana, baik itu banjir maupun bencana alam lainnya. mereka bisa mendeteksi dan mengantisipasi serta menanggulangi adanya bencana alam.

Pada tahun 2020, Destana Muara Hutaraja dibentuk oleh PTAR bekerjasama dengan BPBD kabupaten Tapanuli Selatan, menyusul daerah tersebut merupakan rawan banjir.

Untuk mengantisipasi dan menangani banjir, Destana Muara Hutaraja dipersiapkan melakukan berbagai langkah antisipasi, seperti membangun pintu air agar air yang meluap dari sungai Batangtoru tidak memasuki paret-paret yang masuk ke permukiman warga .

Selain itu pada tahun 2021 , Destana Muara Hutaraja juga melakukan penanaman pohon waru sepanjang 3 km di bantaran-bantaran sungai untuk mencegah terjadinya erosi dan sekaligus dijadikan sebagai penahan air agar tidak masuk ke kawasan permukiman warga.

Menurut Ketua Destana, Saddam Simbolon, kepada media kemarin, menyebutkan sejak dibentuknya Destana Muara Hutaraja, banjir yang menurut kebiasaannya terjadi sekali dalam setahun , kini sudah tidak terjadi lagi banjir.
Meski demikian pihak Destana juga telah melakukan antisipasi secara tehnis bilamana sewaktu-waktu terjadi banjir.

Antisipasi tersebut dilakukan dengan membangun pintu air pada paret-paret terusan yang masuk ke permukiman warga tujuannya agar air luapan sungai Batangtoru tidak masuk ke permukiman warga.

Kemudian melalui Destana, PTAR juga membangun Bronjong penahan tanggul agar tidak terjadi erosi pada pinggiran sungai.

Dalam program pelatihan pengamanan atau penyelamatan, Destana sudah mengetahui langkah apa saja yang akan dilakukan dalam menyelamatkan korban, bagaimana cara mengangkat korban, mengidentifikasi korban masih hidup atau tidak . Kemudian Destana juga mempersiapkan obat-obatan dalam penanganan korban banjir.

Keterlibatan PTAR dalam program Destana ini adalah memfasilitasi pelatihan dan penyediaan alat antisipasi dan alat penanganan bencana seperti tandu, tenda, obat-obatan, tegas Saddam Simbolon. *(Ali Imran)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button