DAERAH

Penumpang Membeludak, Kebersihan Bandara Syamsudin Noor Disorot

KALIMANTAN JARRAKPOS.COM – KINERJA pengelola Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, selama arus mudik Idul Fitri 1444 hijryah mendapat sorotan dari banyak kalangan. Salah satunya terkait kondisi pelayanan dan kebersihan toilet bandara yang dinilai kotor.

Sorotan terhadap kebersihan bandara ini datang dari mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalsel, Edi Suryadi. Dirinya melihat kondisi fasilitas bandara seperti toilet kurang terawat.

Kebersihannya kurang, lantainya becek, petugas cleaning service pun kurang, ungkap Edi, Kamis (27/4)

Padahal Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru berstatus bandara internasional dan merupakan pintu masuk ke Kalsel yang sudah seharusnya memiliki standar kebersihan yang baik.

Terkait hal ini, Stakeholder Relation Manager atau Humas PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Ahmad Zulfian Noor, mengakui membludaknya penumpang saat arus mudik serta berbarengan dengan jemaah umrah membuat area publik bandara penuh sesak dengan pengantar dan penjemput.

Untuk kebersihan yang kita lakukan sudah sesuai dengan standar. Namun memang saat mudik dan adanya jemaah umrah area publik jadi penuh sesak. Setelah mereka pulang kami langsung bersihkan area yang terlihat kotor, kata Zulfian.

Petugas cleaning service Bandara Syamsudin Noor sendiri berjumlah 84 orang. Untuk meningkatkan pelayanan selama arus mudik lebaran pihak bandara menambah petugas di setiap shift kerja.

Lebih jauh Zulfian meminta kerja sama pengguna jasa bandara untuk bersama-sama menjaga kebersihan.

Pada mudik lebaran 2023 ini tercatat jumlah penumpang mudik (datang dan berangkat) sampai tanggal 26 April 2023 sebanyak 108.864 orang. Jumlah ini naik 18 persen dari periode mudik 2022 sebanyak 92.046 orang. (Kalimantan jarrakpos.com)

Penulis :Team: Effendy Soegiarto / Muhammad Syahril Effendy / Nur Inayah.
Editor : Herman Soetiady

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button