Jawa Barat

Kemenkumham Jabar Dapatkan Penguatan Reformasi Birokrasi (Rencana Kerja Tahunan RB) Dari Kepala Biro Perencanaan

JARRAKPOS.COM –  Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Divisi Administrasi Itun Wardatul Hamro, Kepala Divisi Keimigrasian Yayan Indriana, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali, Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Bandung Raya, Kasubbag Humas, RB dan TI Ginni Dewi Ridhawati, Plt Kasubbag Wai TU dan RT Reza Krisnawan, Perwakilan Kasubbid KI, Perwakilan Kepala Bid Infokim, menerima Penguatan Reformasi Birokrasi (Rencana Kerja Tahunan RB) / RKT RB dari Kepala Biro Perencanaan Ida Asep Somara di Ruang Sahardjo Kanwil Kemenkumham Jabar Jl. Jakarta No. 27 Lt. II Bandung (Kamis, 05/10/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pengelola Reformasi Birokrasi (RB) Unit Pelaksana Teknis se-Jawa Barat secara Virtual melalui Aplikasi Zoom, untuk Pengelola RB Wilayah Bandung Raya hadir secara langsung.

Kepala Biro Perencanaan Ida Asep Somara menyampaikan RKT itu saya yakin itu dikerjakan, permasalahannya yang menangani tidak tahu bahwa itu bagian dari RB dan tidak diselesaikan secara tuntas. Di Pelaksanaan Pembangunan ZI di tahun 2023 ini ada 74 Satker yang diusulkan, untuk itu tugas setiap Kanwil dituntut untuk menjaga kualitas data dukung /komponen pengungkit yang diupload oleh Satuan Kerja.

Layanan yang ada di Kemenkumham sebanyak 439 layanan lengkap dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), tetapi dalam pelaksanaannya terkadang tidak sesuai dengan SOP, hal ini yang di kemudian hari menjadi masalah, ini adalah tugas kita bersama untuk terus saling mengingatkan.

Berbicara RKT RB adalah berbicara Kerja dalam 1 tahun. RKT adalah harapan untuk menilai RB setelah PMPRB sudah tidak diberlakukan lagi. Untuk tahun 2024, yang diusulkan untuk meraih Predikat ZI adalah dengan nilai yang baik, tidak mementingkan kuantitas. Kanwil kedepan harus sudah memulai memotret UPT mana yang berpotensi meraih Predikat ZI. Kami Biro Perencanaan ke depan akan mendorong dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Zona Integritas. Membangun ZI tidak bisa sendiri tapi harus dilakukan secara bersama, tidak bisa hanya sebagian.

Kedepan akan dilakukan pendampingan secara berjenjang yang dilakukan Biro Perencanaan kepada seluruh tingkatan, mulai dari UPT sampai dengan Unit Pusat, sehingga target kita di akhir tahun 2024 bisa tercapai.

Apa yang kita perbuat semoga menjadi ladang ibadah, kita harus yakin dan percaya balasan Tuhan atas apa yang kita lakukan dengan dasar keikhlasan adalah berkah. Bangunlah rasa kebersamaan, sehingga hakekat RB bisa kita rasakan.

(red/foto : Adb).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button