DAERAHJawa BaratNEWS

Disdukcapil dan Diskanla Indramayu Gerebeg Warga Nelayan yang tidak Punya Dokumen Kependudukan.

INDRAMAYU JarrakPostJabar.Com-  Dinas Kependudukan dan catatan sipil  bersama dengan Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Indramayu terjun langsung kepada masyarakat nelayan yang ada di daerah pesisir pantai Indramayu yang belum memiliki dokumen kependudukan mulai dari Akte kelahiran, Kartu keluarga (KK)  dan  Kartu  Tanda Penduduk (KTP) hal ini bertujuan agar setiap warga negara mendapatkan pelayanan kependudukan yang sebagai mana mestinya di samping itu agar warga negara di lindungi dan diakui keberadaannya sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Bertempat di halaman Kantor Diskanla kabupaten Indramayu Kamis (21/09/23) diadakan pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat nelayan dan umum yang berada di areal desa Karang Song, Paoman, Pabean Udik dan Pagirikan, bekerja sama dengan Disdukcapil  Indramayu yang di pimpin langsung oleh kabid Kependudukan.

Dalam keterangannya Kabid Kependukan Indramayu, Mono ” pertama terkait dengan sukses pemilu 2024 kita menyasar kepada pemilih pemula usia 17 tahun dengan harapan para pemilih pemula dapat memberikan hak politiknya pada saat 14 Febuari 2024. Yang kedua juga mencoba masuk kesemua lini instansional yang pertama dinas Pendidikan dengan harapan ASN beserta keluarganya dan masyarakat sekitarnya dapat memanfaatkan kesrmpatan itu, kita cetak langsung dengan persyaratan yang lengkap dan gratis” tegasnya.

” hari ini yang kedua kalinya Disdukcapil mengadakan di halaman Diskanla dan alhamdulillah masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan ini, disamping itu kita juga mengadakan juga di TPI Mina Glayem dengan harapan keluarga nelayan dapat memperoleh dokumen kependudukan secara cepat dan gratis. Yang ketiga kepada masyarakat luaspun yang belum memiliki dokumen kependudukan di persilakkan untuk datang kesini,  yang tidak kalah pentingnya lagi diera digital ini disdukcapil memperkenalkan identitas kependudukan digital kepada masyarakat” lanjut kabid Mono.

Sementara itu di TPI Mina Glayem juga di adakan pembuatan dokumen kependudukan bagi masyarakat nelayan sekitarnya. Saat di minta tanggapannya camat Juntinyuat Asep Kusdianti ” terima kasih kepada bupati Indramayu Bunda Hj. Nina Agustina atas prakarsa dan inisiatifnya untuk memberikan pelayanan kependudukan di wilayah Juntinyuat. Khisus untuk para nelayan segara mengurus pembuatan dokumen kependudukan jangan sampai ditunda-tunda lagi, saya yakin semua jajaran yang ada baik perangkat desa, babinmas, babinsa dan aparat kecamatan selalu menyebarkan berita kepada seluruh nelayan agar segera mengurus dokumen kependudukannya, dan ini gratiiis dalam pembuatan KTP ini ” papar Camat Juntinyuat.

Semoga dengan ide dan gebrakan yang luar biasa ini tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki dokumen kependudukannya karena dengan memiliki dokumen kependudukan akan mempermudah pengurusan dokumen lainnya, dan yang lebih penting lagi jadikan pelaksanaan tugas ini bukan karena pencitraan belaka tetapi murni karena pelayanan kepada hak warga negara untuk memperoleh dokumen kependudukan secara cepat, tepat dan gratis. ****(Wahyu)***.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button