OLAHRAGA

Gubsu Lepas 20 Atlet Peparpenas di Palembang, Edy: Jaga Sportivitas

Medan – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi melepas kontingen atlet pelajar paralimpik yang akan tampil pada Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) ke X/2023 di Palembang, Sumatera Selatan. 

Edy berharap, keterbatasan yang mereka miliki tidak menjadi penghalang untuk menorehkan prestasi yang terbaik di Peparnas nanti. 

“Atlet ini jangan bonus duluan diminta. Rezeki itu datangnya dari Allah. Berbuat yang terbaik. Bersyukur bahwa Sumut ini diwakili kalian. 2024 nanti PON dan selesai PON ada Peparnas. Saya minta kalian yang bintangi di sini. Olahragawan ini harus sportif, jangan negatif thinking,” kata Edy di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu, Jumat (28/7).

Edy juga berpesan agar atlet tidak menyerah dan mengeluh saat bertanding. 

“Jangan ngeluh dan sedih, kalian tidak sportif itu namanya. Kalian harus tanamkan semangat juang, jangan pernah menyerah. Terus berjuang, kalian duta – duta Sumut,” kata Edy.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provsu, H Baharuddin Siagian, mengatakan pada Peparpenas ke – 10 di Sumsel, Sumut total berkekuatan 20 atlet, 4 pelatih, dan 2 pendamping. Secara khusus, Baharuddin mengapresiasi prestasi yang selama ini telah diukir atlet paralimpik Sumut, baik di level nasional dan internasional.

“Atlet paralimpik ini sangat membanggakan sumut. Mereka ini sekaligus pengganti senior yang selama ini berkontribusi bagi Sumut, khususnya Indonesia di ajang internasional,” kata Baharuddin. 

Baharuddin berharap kepada semua atlet untuk menanamkan mental juara dalam diri masing – masing. Termasuk harus menjadi yang terbaik dari atlet provinsi lain. “Seorang atlet tidak boleh menunjukkan  mimpi untuk juara dua, tapi harus bermimpi juara satu,” ujar Baharuddin. 

Sementara, Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting berharap prestasi di Peparnas kali ini menjadi catatan bagi atlet, yang juga bakal menjadi skuad tim Peparnas 2024. Alan menilai, semua atlet berpeluang meraih medali, sebab saat ini peta persaingan tiap cabor untuk tingkat pelajar sudah merata.

“Kita lihat persaingan sudah merata ya untuk semua provinsi. Kalau Peparpenas sebelumnya kita peringkat 12 besar, kali ini kita target gak muluk – muluk masuk 10 besar,” kata Alan. 

Pada Peparpenas tahun 2023, Sumut berkekuatan 20 atlet, yang bertanding di empat cabor, diantaranya Renang, catur, bulutangkis, dan atletik. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button