NEWS

Sambut Kirab Salib IYD, OMK Paroki Watubala : OMK BANGKIT DAN BERSAKSILAH !

Jarrakpos.com- Kirab Salib Indonesian Youth Day (IYD) ini merupakan salah satu kegiatan Pra IYD Yang dilaksanakan oleh hampir seluruh Keuskupan di wilayah Indonesia.

Kirab Salib IYD ini melibatkan Orang Muda Katolik (OMK) di seluruh Keuskupan agar lebih aktif dalam hidup sebagai orang muda yang beriman.

Dalam menyongsong Perayaan Indonesia Youth Day yang pada puncaknya akan berlangsung pada bulan Juni tanggal 26-30 tahun 2023 di Palembang, maka diadakan kirab salib oleh OMK, salah satunya oleh OMK Keuskupan Maumere.

Untuk di Keuskupan Maumere, Kirab Salib Pra IYD ini di awali dengan misa pembukaan sekaligus pemberkatan Salib IYD oleh yang Mulia Uskup Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu di Paroki Boganatar pada tanggal 12 Maret 2023. Kemudian, sesuai rencananya , salib IYD ini diarak ke 39 Paroki yang ada di Keuskupan Maumere.

Di mulai dari paroki Boganatar dan rencananya akan berakhir di Paroki Waioti.

Prosesi Huler Wair, Penerimaan Salib IYD

Pada hari ini, Rabu 22 Maret 2023, kirab Salib IYD KUM diterima oleh OMK Paroki Kenaikan Kristus Watubala dari OMK Paroki Santisima Trinitas Runut bertempat di Napun Biri, Desa Runut Kecamatan Waigete pukul 16.00 WITA.

Nong Esau sebagai MC dalam Sapaan adatnya menyampaikan melalui lantunan syair-syair adat dalam bahasa daerah Sikka yang cukup dalam makna dan filosofis.

Tampak sekitar ratusan orang muda dan pengurus OMK dari Paroki Runut maupun OMK paroki Watubala Memadati lokasi penyerahan salib IYD. Rencananya,
Salib Pra IYD ini diterima dan akan ditaktahkan selama dua hari di Gereja Paroki Kenaikan Kristus Watubala, terhitung dari tanggal 22 sampai dengan 24 maret 2023. Kemudian Kirab salib IYD akan berlanjut dan diantar ke Paroki Kloangrotat.

Ketua panitia penerimaan salib IYD, OMK Paroki Kenaikan Kristus Watubala, Agnes Stefiani, Kepada media ini mengatakan bahwa kirab salib ini adalah bagian dari perayaan awal untuk menyongsong hari orang muda Indonesia Juni mendatang.

‘’ yah, kegiatan ini bagian dari pra IYD yang akan berlangsung di Palembang juni nanti, masing-masing OMK di setiap paroki akan mewakili dan diutus mengikuti kegiatan nanti. Sehingga , saya berharap dengan adanya kegiatan Pra IYD dan Kirab Salib ini, kita semua umat di Paroki Watubala dan terkhusus orang-orang muda Katolik untuk lebih pro aktif dalam kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung kedepannya , termasuk pada puncak perayaan IYD juni nanti’’, tegas Stefi.

Ketua Panitia Memberikan Sambutan

Lebih lanjut, Stefi yang juga mantan Aktivis GMNI Sikka ini menyampaikan bahwa “Orang Muda Katolik khususnya OMK Paroki Kenaikan Kristus Watubala diajak untuk semakin mengimani Kristus, semakin solider terhadap sesama, semakin tanggap dan terlibat dalam kehidupan menggereja, seiring dengan tema IYD tahun ini, yakni OMK Bangkit dan Bersaksilah’’.

Proses perarakan Salib IYD menuju Gereja Watubala

Setelah penerimaan Salib IYD oleh OMK Paroki Kenaikan Kristus Watubala, Salib IYD diarak menuju ke tempat Pentakthaan dan dikawal oleh anggota Kepolisian Sektor Waigete menuju ke Gereja Watubals, kemudian dilanjutkan dengan misa pembukaan oleh Pastor Paroki.

Dan setelah misa diberikan kesempatan kepada orang muda, umat, kelompok doa, kelompok kategorial untuk melakukan doa pribadi kepada Salib dan juga ada beberapa acara-acara lainnya.

Sementara itu, Pastor Rekan Paroki Watubala, RD. Guido Rudi Rado, memimpin prosesi perarakan dan juga misa di Gereja Kenaikan Kristus Watubala bersama umat yang sejak siang menunggu kedatangan Salib IYD.

RD. Guido Rudi Rado, Memimpin Kirab Salib IYD Menuju Gereja Watubala

Pantauan media ini, Tampak umat berdiri berjejer di sepanjang jalan dengan menyalahkan Lilin dan meletakan Patung di depan rumah masing-masing.

Turut hadir dalam acara ceremony serah terima dan perarakan kirab salib IYD ini, umat paroki Watubala, Anggota Polsek Waigete, Babinsa, anggota OMK, Tokoh masyarakat dan juga pengurus Pastoral Paroki Watubala.

Sampai Berita ini diterbitkan, Misa sementara berlangsung dengan, tampak personil TNI POLRI Berjaga-jaga di sekitar Gereja.

AFRI ADA-JRP/***.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button